Kode Bank Mega

MegaBank2
Anda ingin melakukan pembayaran tagihan yang ada di kartu kredit Bank Mega Anda? Untuk itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu Kode Bank Mega agar Anda bisa mengirimkan uang tagihan tersebut tepat ke tujuan.

Artikel berikut ini akan memberi tahukan kepada Anda mengenai Kartu Kredit Bank Mega. Seperti bank-bank yang lainnya, Bank Mega juga mengeluarkan layanan kartu kredit yang berlaku hanya untuk nasabah setianya saja.

Dan tak semua nasabah bisa mendapatkan layanan ini. Untuk bisa menggunakan kartu kredit, Anda haruslah seorang pekerja yang memiliki gaji minimal 3 juta rupiah. Syarat ini pun masih merupakan syarat dengan gaji terendah yang bisa mendapatkan kartu kredit dengan limit atau batas jumlah pemakaian kreditnya. Jadi, Anda harus berpenghasilan lebih dari itu agar Anda bisa menggunakan kartu kredit.
Anda hanya bisa menggunakan kartu kredit Bank Mega di tempat-tempat yang memang bekerja sama dengan Bank Mega, selain tempat tersebut Anda tidak akan bisa menggunakan kartu kredit tersebut.

Untuk mengetahui tempat yang bekerja sama dengan Bank Mega adalah dengan mencari logo Bank Mega yang berada di sekitar tempat tersebut. Banyaknya nasabah yang menggunakan kartu kredit Bank Mega adalah bertujuan untuk mendapatkan banyak diskon besar dan juga promo yang adadi tempat-tempat dengan relasi tersebut. Tentunya dengan adanya diskon dan promo ini akan membuat Anda lebih bisa memperkecil pengeluaran Anda.

Saat penggunaan kartu kredit Anda hendak menyentuh limit, Anda tidak akan mendapat peringatan dari Bank. Sebaliknya jika tanggal penagihan kartu kredit sudah mendekati jatuh tempo, Anda akan mendapat peringatan dari bank. Saat sebelum itulah Anda harus membayar tagihan tersebut. Untuk membayar tagihan cukup Anda lakukan melalui mesin ATM. Mesin ATM yang tersedia dimana pun dan selalu online tidak menjadikan alasan bagi Anda untuk tidak bisa membayar tagihan.

Untuk mengirimkan transfer uang tagihan kartu kredit, Anda perlu mengetahui Kode Bank Mega. Kode Bank Mega adalah 426.

Berikut cara transfer tagihan kartu kredit yang benar:

  • Masukkan kartu Bank Mega Anda.
  • Masukkan kode bank + nomor kartu kredit yang Anda gunakan melalui mesin ATM yang merupakan layanan real-time yang dimiliki oleh Bank Mega (hindari SKN atau RTGS).
  • Anda akan menerima konfirmasi sebelum proses transfer dilakukan. Pastikan ada nama Anda tertera dalam tampilan tersebut.
  • Pembayaran kartu kredit Anda sudah berhasil dan langsung diterima oleh Bank Mega. Meski pun Anda mentransfer uang pada tanggal jatuh tempo, Anda tidak akan dikenakan bunga atau denda kartu kredit.

Itulah sedikit informasi mengenai Kode Bank Mega yang bisa kami bagikan untuk Anda. Kami berharap informasi diatas bermanfaat bagi Anda.

Advertisements

Angsuran KPR BRI

Apa Saja Persyaratan Umumnya?

IMG-24
Angsuran KPR BRI. Dengan membandingkan besarnya angsuran KPR yang ditawarkan oleh beberapa lembaga penyalur KPR. Dengan jumlah KPR yang sama, jangka waktu yang sama, mana angsuran yang lebih kecil. Perbandingan sebaiknya tidak dilakukan terhadap besarnya suku bunga, karena bisa saja suku bunga sama, tetapi jumlah angsurannya berbeda.
#2 Suku bunga tetap atau tidak tetap

Umumnya lembaga penyalur KPR menawarkan suku bunga tetap untuk waktu tertentu, setelah itu berlaku suku bunga tidak tetap. Dengan suku bunga tetap/fixed maka angsuran KPR tidak berubah selama masa KPR. Sedangkan Suku Bunga tidak tetap/floating, akan berubah naik atau turun tergantung gejolak bunga pasar.

#3 Angsuran tetap

Adakalanya lembaga penyalur KPR menawarkan produk ”angsuran tetap” yang dapat mengakibatkan jangka waktu KPR fluktuatif. KPR dengan angsuran tetap, artinya jumlah angsuran KPR yang dibayarkan setiap bulan akan tetap jumlahnya, namun jangka waktu KPR bisa berubah, lebih panjang atau pendek, tergantung kepada fluktuasi tingkat bunga pasar.

#4 Perubahan suku bunga

Setiap lembaga penyalur KPR mempunyai kebijakan yang berbeda tentang perubahan suku bunga. Oleh karena itu perlu dikonfirmasi mengenai kriteria yang menentukannya. Pada saat terjadi penurunan bunga KPR, apakah juga diberlakukan terhadap KPR yang sudah dicairkan sebelumnya. Pastikan syarat tersebut tercantum dalam perjanjian kredit.

#5 Menurunnya sisa KPR karena angsuran

Pembayaran angsuran yang anda lakukan setiap bulan, terdiri dari komponen pokok dan komponen bunga yang akan menjadi pendapatan lembaga penyalur KPR. Pada awal masa KPR, komponen bunga akan lebih besar daripada pokok dan selanjutnya komponen bunga akan menurun sedangkan komponen pokok akan meningkat sampai KPR lunas. Menurunnya sisa KPR karena angsuran ada bank yang menghitung penurunan sisa KPR setiap bulan setelah menerima pembayaran angsuran bulanan dan ada pula setiap tahun setelah menerima 12 kali angsuran. Cara membedakannya adalah angsuran yang menurun setiap bulan lebih kecil dari angsuran yang menurun setiap tahun meskipun besaran bunganya sama.

#6 Pelunasan KPR sebelum waktunya (prepayment)

Umumnya lembaga penyalur KPR memberikan kesempatan kepada untuk melunasi KPR sebelum waktunya dengan syarat-syarat tertentu. Pelunasan lebih awal akan menguntungkan konsumen jika dilakukan pada saat suku bunga KPR turun.

#7 Biaya KPR

Biaya KPR mencakup biaya penilaian, biaya notaris, akta jual beli PPAT, akta perjanjian kredit, akta pemasangan hak tanggungan, premi asuransi kebakaran, premi asuransi jiwa kredit dll. Biaya KPR harus dilunasi sebelum akad kredit.
BRI juga menunjukan diri sebagai bank yang memberikan dukungan pada pembangunan dan pengembangan konstruksi properti.

Ngopi, Pengurai Masalah, Penghantar Konsentrasi

Kopi bukan hanya komoditas ekonomi-bisnis. Kopi atau ngopi menjadi gaya hidup nyaris oleh semua segmen sosial. Ia menjadi media komunikasi sosial cukup efektif serta wahana membicarakan berbagai persoalan kehidupan. Dari kopi muncul kehangatan yang sesungguhnya.

ngopi

Adzan Isy’a baru saja berkumandang. Beberapa ibu muda mulai berdatangan. Satu per satu. Seraya berbincang santai, mereka memesan kopi. Setelah nyeruput kopi, pembicaraan pun dimulai. Ngalor-ngidul. Sejurus kemudian, perbincangan mulai serius. Maklum, malam itu mereka datang untuk berkumpul hanya untuk membicarakan kasus terbongkarnya vaksin palsu.
Itulah suasana malam itu di kedai kopi “Dakon Coffe“. Para pengunjung kedai kopi yang berada di Jalan Raya RA Basuni, Kedungpring, Jampirogo, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, itu berasal dari kalangan mahasiswa, pekerja dan komunitas. Mereka ada yang hanya sekadar ngopi, tapi ada pula yang kumpul- kumpul membicarakan masalah tertentu.

 Media Komunikasi Efektif

Kopi dan tradisi ngopi memiliki sejarah panjang. Orang ngopi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan fisik atas kopi. Melainkan, di kedai kopi, seraya ngopi mereka melakukan sharing gagasan. Tak jarang, berbagai persoalan aktual dibincangkan di kedai kopi.

ngopi-bareng

Mulai persoalan ringan hingga persoalan berat. Baik persoalan rumah tangga, sosial, politik, pemilihan umum, krisis ekonomi, dan lain-lain.
Kini, ngopi tidak hanya menjadi gaya hidup di kalangan laki-laki. Kalangan ibu- ibu juga menjadi penikmat kopi. Di berbagai kedai kopi sering didapati ibu-ibu berkumpul seraya meminum kopi. “Kalau ada masalah yang perlu didiskusikan, kami kadang memilih cafe,” kata Siti Fatimah, Ketua Komunitas Ibu Muda Mojokerto.
Fatimah mengakui, cafe menjadi tempat yang sangat efektif membicarakan berbagai persoalan.

Di kedai kopi, Fatimah bersama anggotanya bebas menyampaikan berbagai persoalan yang dihadapi masing-masing dan dicarikan solusi bersama.
“Ada sejuta solusi dalam secangkir kopi,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf di hadapan pengurus Gerakan Pemuda Ansor NU se-Jatim, akhir Juni lalu. “Dengan ngopi, kita bisa saling akrab. Banyak hal bisa muncul dari budaya ngopi” ujarnya di acara “Ngopi Bareng” di Kantor PWNU Jatim itu.
Menurut Gus Ipul – panggilan akrab dia, kopi menjadi salah satu komoditas andalan utama ekspor dari Jawa Timur. Saat ini, ekspor kopi dari Jawa Timur hampir mencapai 100 ribu ton per tahun, sebuah angka yang cukup tinggi di tengah terus menurunnya nilai ekspor kopi secara nasional. “Makanya, mari kita kampanyekan budaya ngopi” ujarnya seraya tersenyum penuh makna.
Tak jarang, dari kedai kopi muncul gagasan segar dan hasil karya penting. “Saat melukis, saya pasti harus sambil ngopi” kata Nonot Sukrasmono. Ketua Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, ini mengaku tidak bisa menghasilkan karya lukisan bila tidak ditemani secangkir kopi dan rokok.
Kopi atau ngopi sudah menjadi gaya hidup semua kalangan.

Dari anak-anak muda hingga dewasa, profesional, akademisi, politisi, hingga masyarakat biasa. Alhasil, kopi atau ngopi bukan sekadar aktivitas ekonomi-bisnis. Ngopi menjadi wahana komunikasi serta interaksi sosial dan berbagi ide.

Ngopi, Tradisi Sufi

Tradisi meminum kopi memiliki sejarah panjang. Dulu, para Sufi sudah biasa meminum kopi. Di mata para Sufi, kopi memiliki keistimewaan. Menurut praktisi Tasawuf Candra Malik, para Sufi menjadikan kopi sebagai daya pacu beribadah di waktu malam. Mereka meminum kopi agar kuat shalat malam, baca al-Qur’an, berzikir dan merenung sepanjang malam.
Bahkan, oleh Sufi Ali bin Omar dari Yaman, kopi dijadikan obat aneka penyakit. “Kopi terus  menyebar ke seluruh dunia dengan banyak kisah,” ujarnya.
Menurut dia, kebiasaan kopi yang diseduh dan disajikan ke dalam cangkir memiliki makna yang cukup dalam.

Cangkir yang kecenderungannya memiliki tangkai oleh kaum sufi dianalogikan seolah sedang memegang telinga sendiri. “Setelah kuping terpegang dan kopi mendekat, kau aktifkan lidah sebagai indera penyesap dan hidung sebagai indera pencium,” kata Candra menirukan dawuh gurunya.
Candra menegaskan, ketika kopi disesap maka panasnya secangkir kopi akan membuka pori-pori kulit. Sehingga seluruh lima indera dalam diri menjadi aktif. “Inilah mengapa tatkala mengaji tasawuf, seorang murid biasanya disuguhi secangkir kopi oleh Sang Mursyid,” ujarnya.
Imam Ibnu Hajar Al Haitami pernah berkata, “Ketahuilah duhai hati yang gelisah bahwa kopi ini telah dijadikan oleh Ahli Shafwah (orang orang yang bersih hatinya) sebagai pengundang akan datangnya cahaya dan rahasia Tuhan, penghapus kesusahan.”
Alhasil. Tradisi meminum kopi bukan sekadar untuk memenuhi kebutuhan fisik, melainkan dijadikan wahana membangun interaksi sosial serta berdiskusi tentang berbagai persoalan. Oleh para sufi, kopi digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tahukah Anda?

Pada sebuah penelitian, perempuan yang mengkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri. Aroma kopi diyakini mempunyai peranan dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Walaupun demikian para peneliti mengingatkan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari merugikan kesehatan.
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu kesehatan hati. Konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko seseorang dari primary sclerosing cholangitis (PSC), yaitu penyakit autoimun langka yang mengakibatkan gagal hati, sirosis hati, dan bahkan-kanker.
Jika dikonsumsi dengan tepat, kopi dapat membantu menekan nafsu makan. Kehilangan cairan di dalam tubuh karena mengkonsumsi kopi akan mengakibatkan tubuh memproses panas dan energi. Meskipun demikian cairan harus segera digantikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Berbagai Macam Mitos Tentang Ibu Hamil

Banyak sekali mitos yang berkembang di masyarakat dan pada umumnya hal-hal seperti itu sangat menarik perhatian para ibu yang sedang menjalani kehamilan. Hal ini karena pada saat sedang hamil, biasanya wanita selalu mencari tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan ibu hamil karena takut akan berpengaruh pada kesehatan janin yang dikandung.

Dan yang lucu, banyak cerita atau mitos-mitos yang tidak masuk akal dan sudah ada sejak jaman dulu namun masih dipercaya sampai sekarang di jaman yang sudah modern ini.

Walau ada beberapa mitos kehamilan yang sesuai fakta, tetapi sebagian besar bertentangan dengan fakta aslinya. Nah, apa mitos-mitos kehamilan yang masih dipercaya ibu hamil hingga saat ini?

 

Bila Ketika Hamil Suka Daging Maka Bayi yang Dikandung Laki-laki, sebaliknya Bila Suka Sayur maka Bayinya Perempuan.
Mitos yang banyak beredar di masyarakat adalah soal jenis kelamin bayi. Kalau sang ibu suka makan daging saat hamil, artinya bayi yang di perut laki-laki, tapi kalau suka sayuran bayinya bakal perempuan. Ternyata mitos ini sama sekali gak benar, karena jenis kelamin janin itu tergantung dari kromosom X dan Y saat sperma dan sel telur bertemu. Jadi gak ada hubungannya sama sekali dengan makan daging atau sayuran.

Dilarang Pegang Kucing Saat Hamil

Banyak mitos beredar di masyarakat kalau ibu hamil dilarang memelihara hewan berbulu lebat semacam kucing. Menurut Mitos yang beredar, bisa mengakibatkan keguguran atau bayi lahir cacat. Namun faktanya, sah-sah aja kok kalau ibu hamil main atau pelihara kucing, asal jangan sampai kena kotorannya. Kotoran kucing berpotensi menularkan virus tokso yang berbahaya buat ibu hamil.

Benarkah Bila Semasa Hamil sering Merasakan Heartburn maka Bayi akan Mempunyai Rambut yang Tebal?

Heartburn merupakan suatu keadaan ketika asam lambung meningkat. Baru-baru ini, New York Times melakukan studi untuk membuktikan benar atau tidaknya mitos tersebut. Hasilnya ternyata, hanya 28 orang saja peserta responden dalam studi tersebut yang memang merasa Heartburn dan kemudian melahirkan bayi dengan rambut yang lebat.

Meski begitu, tetap saja banyak orang percaya bahwa jika Anda Merasakan Heartburn saat sedang hamil, artinya Anda akan melahirkan bayi dengan rambut cukup tebal. 71% dari semua wanita mengalami Heartburn saat hamil karena keluarnya hormon-hormon yang mengendurkan otot Sfingter. Dan fakta yang ada adalah banyak dari wanita tersebut melahirkan bayi dengan rambut yang tidak terlalu tebal.

Seks Ketika Hamil akan Menyakiti Bayi
Mitos ini tidak benar! Alasanya adalah, pertama, kelamin suami tidak akan menembus rongga rahim tempat janin berada. Kedua, hubungan suami istri dapat dilakukan apabila memang kehamilan yang dijalani memang tidak bermasalah. Beberapa wanita tidak bisa merasakan seks ketika sedang hamil, namun beberapa wanita lainya justru merasa lebih mesra karena terjadi lonjakan yang sangat tinggi pada hormon dan sensasi di area Miss V mereka.

Banyak wanita mengaku mengalami orgasme untuk pertama kalinya saat sedang hamil Untuk seks
saat hamil ini, jangan malu untuk mengkonsultasikanya pada dokter kandungan Anda.

Hubungan antara Bentuk Perut dan Warna Kulit
Ada lagi mitos mengenai jenis kelamin bayi yang bisa dilihat melalui bentuk perut sang ibu yang sedang mengandung bayi tersebut, yaitu jika perut sang ibu membuncit dan kulitnya kusam, maka janin yang dikandungnya adalah laki-laki, dan jika perut sang ibu melebar dan kulitnya bersih, maka janin yang dikandungnya adalah perempuan.

Namun sekali lagi, mitos seperti itu terbantahkan dan tidak terbukti kebenaranya, karena fakta menunjukan bahwa banyak ibu hamil memiliki ciri kehamilan yang disebutkan diatas, namun ketika melahirkan, jenis kelamin bayi tidak sesuai dengan yang diprediksi dalam mitos tersebut.

Jomblo Rasa Coklat

“Terkadang gue bingung dengan status Jomblo sebagian orang,
Jadi Jomblo itu di hitung dari kapan? Apa dari mereka putus sama pacarnya? Kalau gitu gimana nasib gue yang emang belum pernah pacaran?
Tapi ada beberapa yang menyebutkan, kestatus jombloan itu di hitung mulai dari umur kita beranjak 17 tahun, kalau begitu berarti gue baru menyandang status jomblo satu tahun donk?” jomblo-rasa-cokelat
“Eh Ta! Lo dengerin curhatan gue gak sih?!”
Tiba-tiba Vally memecahkan lamunan Tata yang berisi berbagai pertanyaan – pertanyaan di kepalanya.
“Iya gue dengerin kok, terus mau gimana lagi kan emang udah putus..” Tata menjawab dengan entengnya

“Ah elo Ta! Emang susah di ajak curhat, masalahnya sekarang itu gue masih jomblo, dan tuh lo  liat!” Vally menunjukkan telunjukknya ke arah pria yang sedang jalan berdua dengan wanita disampingnya “Dia udah ngegandeng cewe baru aja!!”
“Terus lo kesel, karena lo masih jomblo?! kalau emang dia udah ada yang baru kenapa harus jealous?”
“Duuhhh Tata sayaannnggg, kamu belum ngerasain sih, coba deh rasain” Vally mencubit pipi Tata dengan gemasnya “Iya  nih  rasanya  manis……  coklatnya..  hahaha”  sebatang  coklat  yang  dikunyah  Tata ditunjukkan kepada Vally
“Iiiihhh dasar Lo ahhh nyebelin, hahaa”
“Gitu donk ketawa, gak usah galau-galau, Jomblo itu bukan kutukan lagi hahaha”
Mereka berdua pun tertawa bersama
Satu lagi pertanyaan gue tentang jomblo, kenapa sih orang-orang terkadang gak terima kalau mereka itu Jomblo?! Contohnya Vally salah satu sahabat gue, kenapa juga harus saling saingan mendapatkan pasangan supaya disebut laku sama mantan atau yang lainnya? Sedangkan gue masih enjoy aja tuh menikmati kesendirian alias kejombloan, entahlah mungkin emang gue gak ngerti”
Secara  tiba-tiba  Rico  anak  Jurusan  Ekonomi  melintas  dari  kejauhan,  dia  adalah  teman pertama yang Tata kenal semasa hari pertama masuk kampus. Kejadian bertemunya juga sangat klise, saat itu Tata sedang mencari-cari ruang kelas di mata kuliah pagi, kebetulan ada dia yang lewat dan bertanyalah kepadanya. dari situlah kebetulan demi kebetulan menghampiri mereka berdua, mulai yang kebetulan ketemu di kantin bareng, kebetulan lagi sama-sama pinjem buku di perpustakaan. Iya hanya itu saja kebetulannya.
“Tapi apa itu semua kebetulan? Satu atap kampus, dengan Jurusan dan  Fakultas yang berbeda, tetap saja terkadang terasa sulit untuk bertemu, karena berbeda gedung pula, yapp seperti gue dan Vally. Sedangkan kali ini gue lagi kebetulan ngeliat dia dari kejauhan, apa ini kebetulan juga?”

“Atau.. jodoh?! Hehe” Tata berbicara kecil sambil cengengesan sendiri memandangi langkah Rico yang perlahan mulai menghilang
“Eh Ta! Gue mao tanya deh” seperti biasa Vally membuka pembicaraan di kantin yang lumayan ramai saat itu “Mmmm… tanya apaan?” Tata masih tetap menikmati coklatnya
“Hmmm gue kan kenal lo dari kecil, lo juga belum pernah pacaran, emangnya lo gak pernah ngerasain fall in love apa?!” seraya Vally mendekatkan lebih dekat wajahnya ke wajah Tata Tanpa sengaja Tata memuntahkan coklat yang ia makan sambil batuk-batuk “Lo kenapa Ta? Gue salah nanya ya?” Vally mengerutkan dahinya “Pertanyaan lo itu loh, Aneh!!!” Tata sambil meminum es capuchino nya
“Yaaa gue kan cuma nanya Ta..! hehe barang kali aja lo berminat melepas kestatus jombloan lo” Mereka berdua pun akhirnya tertawa bersama.
Kali  ini  masih  membahas  tentang   status  kejombloan,   entah  kenapa  setelah  Vally menyandang status itu, dia jadi makin suka ngomongin hal-hal yang menyerempet tentang hal Jomblo, tapi gak apalah yang penting sohib gue yang satu ini udah gak uring-uringan lagi” kata Tata dalam hati sambil sesekali tersenyum melihat sahabatnya itu.
Lagi-lagi secara kebetulan Tata melihat Rico di kantin, yah kali ini tidak melihat saja. Tapi perlahan ia pun menghampiri tempat dimana Tata dan Vally duduk.
“Hai Ta! Masih suka nyemilin coklat dan es capuchino ya? Hehe” Rico menghampiri seraya duduk disamping Tata. Kali ini Tata tertunduk malu, entah apa yang dirasakannya kini
“Cieee Rico kayaknya udah hafal bener apa yang dicemilin Tata kalau di kantin haha” kata Vally menyenggol Tata seraya meledeknya “Hahaha bisa aja lo Val, gimana udah gak galau? Hehe”
“Udah nggak donkk.. nih berkat resepnya Tata!” Vally tersenyum melirik Tata
“Resep??” Rico bingung mengerutkan dahinya
“Nihhh coklat manis ala cheff Tata! Taaaraaaa!!! Hahaha” Vally menunjukkan bola-bola coklat yang dimakannya. “Haha dasar Putri Coklat!” Rico pun mengacak-acak rambut Tata “yaudah gue duluan yaa mau ke perpus” Rico pun berlalu
Tata masih tertunduk diam, wajahnya memerah. Berkali-kali ia meminum es capuchino nya yang sebenarnya sudah hampir habis. Vally yang melihat gelagat sahabatnya itu tersenyum geli.
“Nahh!! Sekarang gue tau, siapa yang udah buat sahabat gue ini fall in love, jadi dia?” Vally masih tersenyum-senyum geli melihat gelagat Tata

“Heemm gue juga gak tau Val” kata Tata dengan wajah yang masih memerah

“Hahaha itu namanya lo Fall in Love!!! Tata… Tataaa.. hahaha”
“Yeeee apaan sii lo Mblo!! Hehe” Tata menyenggol Vally seraya meninggalkan kantinbanyak orang yang bilang kalau jatuh cinta itu berjuta rasanya, oke-oke itu lebih kayak lirik lagu. Tapi yang gue alamin ini, apa emang berjuta rasa? Sepertinya hanya satu rasa?”
Tata masih mempertanyakan rasa apa yang ia alami ketika melihat pria itu, masih mengira- ngira apa yang terjadi pada dirinya ketika dekat dengan Rico, ketika pria itu suka t ersenyum dan sedikit memberikan perhatinnya kepada Tata.
yap! Apa ada maksud terselubung dari semua sikapnya ke gue? yaahh entahlah”
Dari kejauhan Vally melambaikan tangannya ke Tata yang sedang duduk terdiam sendiri di aula mahasiswa.
“Dapet salam tuh dari Rico” Vally menghampiri seraya duduk di samping Tata “Hah!” tanpa sengaja Tata pun mengalihkan wajahnya dekat ke wajah Vally “Boong dehhh.. hehehe” Tata mulai salah tingkah.
“Tuh kan Lo fall in love Ta sama Rico! Hahaha udah akuin aja”
“Hemmm iya kali mblo” kata Tata sambil membuka bungkus coklatnya
“Tataaa… sampai kapan sih lo gak manggil gue dengan sebutan mblo?!! Hah” Vally tiba-tiba mengambil coklat yang baru saja di buka Tata
“Iihh Val! Balikin gak coklat gue?!” Tata berusaha mengambil coklatnya dari tangan Vally
“Gak mau!” Vally memakan coklat itu “Asal lo tau, lo itu juga Jomblo Ta inget JOMBLO haha Jomblo Rasa Coklat!! Hahaha” Vally pun berlalu sambil berlari membawa coklat yang diambilnya dari Tata.
Begitu pun dengan Tata yang menyusul Vally dengan segera.
“Iya sekarang mungkin gue tau satu rasa yang gue alami kemarin-kemarin dan mungkin sekarang. Rasa itu Coklat, yapp! Coklat yang manis, hanya satu rasa, satu kata yaitu manis. Tetapi terkadang  saking  manis dan  enaknya  sampai-sampai  gak bisa  di  unggkapin lagi dengan kata-kata, selain manis. Apa yang Vally bilang benar, saat ini memang gue Jomblo, yapp!! Jomblo Rasa Coklat. Si Jomblo yang sedang merasakan indahnya satu rasa yaitu manis, semanis Coklat” Lagi-lagi Tata berbicara dalam hatinya sambil tertawa mengejar coklat yang dicuri oleh sahabatnya Vally.

Dan untuk kesekian kalinya secara kebetulan Rasa Coklat itu melintas, Tata pun hanya bisa tersenyum tersipu malu melihatnya.

7 Tahun Usia Rawan Perkawinan

Apa dua hal yang patut diperhatikan begitu dua orang berlainan jenis kelamin masuk ke gerbang perkawinan; UANG dan SEKS. Dua hal yang dulunya bersifat pribadi kini harus dibuka kepada pasangan. Acara “buka-bukaan”ini jika tidak berjalan mulus akan berpengaruh terhadap laju kapal perkawainan yang sedang dikemudikan. Kandas ditengah jalan atau mencapai pulau impian.

Perkawinan melibatkan dua sejoli dengan latar belakang kehidupan dan perkembangan jiwa yang berbeda. Tak soal banyak atau sedikitnya perbedaan, yang jelas masa penyesuaian setelah mereka menikah bisa menimbulkan konflik. Tak jarang konflik yang tak terselesaikan oleh mereka akhirnya mengakhiri perkawinan itu sendiri.

Tak Semua Konflik Merusak

Patut direnungkan bahwa relasi dua sejoli seyogianya merupakan relasi inti atas dasar saling mengasihi dan mencintai. Tidak setiap konflik didalam perkawinan bersifat merusak. Ada konflik yang justru bersifat membangun, yakni konflik yang justru membuat kedua pasangan lebih saling memahami dan mengenali apa yang diinginkan oleh pasanganya. Dengan begitu penyesuaian antar pasangan dapat diciptakan dengan hasil yng lebih baik.

Konflik Sebagai Bumbu

Keputusan Menikah harus disadari oleh masing-masing pasangan bahwa mereka memiliki mimpi yag sesuai tentang kehidupan perkawinan. Memang, terkadang mimpi tadi tidak terwujud dalam dunia nyata yang mereka hadapi. Namun, dengan kesadaran akan cinta kasih yang terjalin, kedua pasangan akan berupaya mewujudkan mimpi mereka semaksimal mungkin. Untuk mengenali apakah mimpi tentang keluarga yang ingin dibangun itu benar-benar tercipta, kedua pasangan dapat menelusuri dan menilai berbagai kegiatan bersama yang dilakukan. Ada beberapa aspek kehidupan yang memang perlu dinilai dan didiskusikan oleh kedua pasangan dalam menjalani perkawinan, saat melalui usia perkawinan tujuh tahun pertama.

Jangan Batasi Dialog Keintiman

Setiap pasangan memiliki aturan khusus yang dibuat untuk memberikan pengaruh bagi terciptanya kehidupan keluarga yang berkualitas baik. Keintiman relasi cinta-kasih sayang yang saling mendukung. Jenis relasi ini mengacu pada saling memperhatikan, lembut, dan penuh pengertian satu sama lain, yang membuat kedua pasangan merasa dihargai dan dianggap penting. Kondisi penuh kasih sayang ini akan membuat pasangan menjadi lebih kuat saat menghadapi situasi stress.

Keintiman seksual. Merupakan hal terpenting yang harus dibina sejak awal perkawinan. Sikap seksual positif harus dibina antar pasangan, dalam arti kedua pasangan menempatkan masalah seksual dalam posisi yang positif, terbuka dalam mendiskusikanya tanpa rasa enggan dan malu.

Keintiman dalam kegiatan diwaktu senggang. Lima hari dalam seminggu masing-masing pasangan melakukan kegiatan berbeda sesuai dengan karir yang sedang dijalani. Sore hari akhir minggu dan masa cuti merupakan peluang pasangan untuk menikmati hari istirahat yang menyenangkan. Dengan melakukan permainan bersama, maka pengertian diantara mereka akan semakin meningkat.

Keintiman dengan keluarga besar kedua pasangan. Untuk beberapa keluarga, keintiman antarkedua pasangan perkawinan akan diperkaya dengan relasi yang terjalin baik dengan keluarga besar, seperti orang tua, mertua, paman, bibi, ipar, dari kedua belah pihak. Berkumpul saat-saat hari Natal, Tahun Baru, atau Lebaran membut pasangan memperoleh perasaan diterima dikeluarga besar dan meningkatkan penerimaan masing-masing akan pasanganya.

Seks Lancar, Perkawinan Langgeng

Kegiatan seksual hanyalah salah satu unsur dalam perkawinan. Namun, tak jarang persoalan seksual membuat sebuah perkawinan tidak berjalan sebagai mana mestinya. Oleh sebab itu, pasangan harus meyakini bahwa menyenangi kegiatan seksual dalam ikatan perkawinan merupakan pertanda kebahagiaan perkawinan.

Untuk itu, ada beberapa acuan yang dapat diikuti oleh pasangan muda seperti dibawah ini;

  • Jadikan seks sebagai prioritas
  • Rencanakan waktunya dengan baik, artinya tidak dalam keadaan lelah, terburu-buru. Bisa pagi, sore, atau malam hari.
  • Pusatkan aktivitas fisik dengan penyertaan emosional sehingga relasi seksual tidak dibebankan oleh pekerjaan atau isi pikiran lain.
  • Carilah kesenangan pasangan kita atau bahkan sampaikan apa yang kita inginkan dari pasangan kita saat melakukan hubungan intim.
  • Cara yang lebih imajinatif akan membahagiakan pasangan. Ingat akan kualitas hubungan yang harus diutamakan, yaitu berikan kepuasan pasangan akan elusan, pelukan, permaianan penyertaan yang menyenangkan pasangan.
  • Yang penting, jadikan keintiman seksual sarana utama bagi peningkatan keintiman relasi keseharian.

Ketika Pasangan Tak Suci Lagi

Renda remuk hati. Badan lemas, energi terkuras, sehabis berhubungan badan perdana di malam pertama. Akan tetapi aktivitas tadi tak diakhiri dengan lenguh kepuasan, melainkan dengan helaan nafas kecewa. Saat melirik ke sprei romantis warna biru muda, ia tercekat, tak ada bercak darah tanda robeknya selaput dara. Berarti Astri istrinya tidak perawan lagi?

Pertanyaan ini bergaung dibenak, melahirkan beratus kecurigaan. Dengan siapa? Mengapa waktu awal pacaran, kucium saja ia tak mau? Berapa lelaki sudah masuk ke tubuhnya? Apakah aku mengenalnya?

Pemilik bisinis property di kawasan Jakarta selatan yang enggan identitasnya disebut jelas digegoroti rasa penasaran. Namun, sampai lima tahun usia pernikahan sekarang ini, setiap kali dikorek tentang itu, istrinya hanya menangis.

DOMINASI LAKI-LAKI

Malam pertama  harus bernoda darah agaknya dianut juga oleh masyarakat tradisi kita di masa lalu. Sehelai kain putih dijadikan alas tidur kedua mempelai. Jika dipagi hari tak ada bercak, secara adat sang suami berhak mengembalikan mempelai putri pada kedua orangtuanya. Pernikahan batal. Bahkan ada yang menuntut mahar dikembalika.

Ketika Keperawanan telah HilangSi wanita akan dikucilkan dan menanggung malu selamanya. Sampai akhirnya ada lelaki yang bersedia mengawininya, tapi ia harus dibawa pergi dari komunitas itu. Ternyata pemuliaan keperawanan masih dianut sebagian lelaki hingga masa kini. Renda contohnya. Bahkan mungkin sebagian besar lelaki. “Saya merasa kecolongan. Ibarat membeli handphone, chasing-nya baru, tapi spare-part-nya barang second.”kesal Renda.

MAKNA SELAPUT DARA

Perempuan atau ibu selalu melambangkan kesucian, ditempatkan secara sakral, dan dijaga kesucianya. Misalnya, istilah Ibu Pertiwi, atau Shinta Obongdalam kisah Ramayana. Jika tak mau simbol itu rusak, perempuan harus bisa menjaga diri. Ingat, perempuan adalah yang di “empu”-kan.

Mengapa Tuhan memberi perempuan selaput dara, dan tidak tidak selaput perjaka pada lelaki? Karena, perempuan diberi tuhan sebuah rahim. Di sinilah Tuhan meletakan makhluk ciptaan-Nya. Tuhan mau, anak yang didalam rahim itu jelas orangtuanya, bin maupun bintinya. Itulah maka dengan selaput dara ditutup-Nya jalan menuju rahim tempat sperma membuahi sel telur. Hanya suami sah yang berhak memasukan sperma untuk membuahi sel telur, sehingga anak itu jelas bin dan bintinya.

Secara psikologis, bila seseorang tak jelas siapa bapaknya akan repot seumur hidupnya. Kalau siapa ibunya? mudah dilacak, yakni siapa yang melahirkan dia. Tapi siapa bapaknya? tak ada saksi yang melihat. Itulah mengapa ada selaput dara.

PASANGAN SEOLAH BERPENGALAMAN

Lain Renda, beda pula pengalaman Erik. Pengusaha warung makan di Kota Bandung yang juga jati dirinya tak mau disebutkan ini berpacaran satu tahun sebelum menikah. Mereka sama-sama menjaga susila, sampai tiba di pelaminan. Tapi apa yang terjadi di ranjang?

“Aku kaget. Istriku ternyata aktif sekali, amat mengerti mana organku yang perlu dikelola, bahkan reaksinya selama berhubungan badan menujukan ia sudah expert. Tapi, heranya, sepreiku berdarah,” adu Erik. Ia tak percaya jika istrinya melakukan operasi selaput dara. Jika istrinya melakukan seks pranikah bersama orang lain rasanya juga tak mungkin. Istrinya guru yang amat menjaga norma agama.

Jadi, walau pernikahan berjalan terus sampai kini mereka punya dua anak, Erik tetap memendam rasa penasaran itu.

MENGAKU ATAU JANGAN?

Ternyata yang membuat perkawinan bermasalah bukan cuma keperawanan, melainkan juga kehilangan keperjakaan. Meskipun telah ditutupi rapat, rasa bersalah tetap membayangi karena telah membohongi pasangan, dan terutama pertanggungjawaban pada yang di Atas.

“Bagai makan buah simalakama, kalau toh rahasia dibuka, akan rusaklah semuanya. Lebih baik memang ditutup saja, lalu menyesali, takkan mengulangi, dan bertobat. Bertekadlah menjadi orang yang baru”.  Sering terjadi, baik perempuan maupun lelaki, jika berterus terang malah menjadi bubur, baik sebelum maupun sesudah pernikahan. Padahal, peristiwa itu sudah tidak ada lagi hubunganya sama sekali dengan mereka pada saat ini.

Pernah ada seorang gadis yang mengakui dirinya tak perawan lagi. Bagi sang calon suami, hal itu tak jadi masalah karena ia amat mencintainya, ia bisa menerimanya, dan mereka pun menikah di Bandung. Sepanjang delapan tahun pernikahan mereka, yang telah membuahkan dua orang putri, tak terjadi apa-apa, adem ayem, tak pernah terjadi pertengkaran sekecil apapaun.

Pernikahan seharmonis itu, ternyata neraka bagi sang istri. Setiap ada masalah ia pendam sendiri tak ingin diungkap pada suami yang menurut dia sudah berbaik hati mau mengawininya. Bagaimana nasibnya yang sudah tak perawan lagi, mana ada lelaki yang sudi menerimanya, kecuali suaminya itu. Lama kelamaan, karena selalu memendam perasaan, akhirnya sang istri tak tahan lagi, lalu meminta cerai.

Si suami kaget, bingung, dan heran. Ia merasa perkawinanya baik-baik saja. “Si istri merasa tertekan, padahal yang menekan perasaanya sendiri, yang berkaitan dengan masa lalunya.

MASA LALU SAMA KELAMNYA?

Untuk apa menanyakan masa lalu pasangan kalau bukan untuk lebih saling mengenal? Setelah mengetahui, disitulah titik tempat menimbang apakah diteruskan atau tidak? Kalau keputusanya akan menerima, lupakan masa lalunya, terimalah di titik ini lalu lihatlah ke masa depan. Masa lalu hanya referensi.

Celakanya jika keduanya sama-sama tak suci lagi. Memang rasanya cukup menyakitkan. Keduanya harus punya komitmen bahwa masa lalu berakhir di sini. Hari ini dan esok adalah lembaran baru yang akan disi bersama. Hanya saja, keduanya harus berkonsekuen, jangan nanti dibangkit-bangkitkan lagi. “Bagaimana mau menuju hari esok, jika masa lalu terus menggelayuti?

Kesabaran berlapis agaknya wajib dimiliki kaum perempuan. Dengan mengetahui masa kelam suaminya, bukan hal gampang menerima begitu saja kenyataan bahwa seorang wanita telah mendahuinya. Telah merampok keperjakaan suaminya.

Masa lalu, ada yang kita ingin mendapatkanya, ada yang sengaja atau tak sengaja mendapatkanya, karena desakan kondisi dan situasi. Mengapa tak bisa memaafkan masa lalu kita sendiri dan pasangan, kemudian beranjak ke masa depan?

“Apa yang terjadi saat ini, yang merupakan proses Anda berdua menuju tujuan yang diharapkan, menjadi tontonan anak-anak anda kelak, Ingatlah tontonan itu menjadi tuntunan buat mereka. Jika melihat orang tuanya sering bertengkar dan saling membuka aib, bisa dibayangkan bagaimana sikap mereka terhadap kesucian perkawinan.”

Semoga Renda, Astri dan Erik membaca tulisan ini.

Wanita Pun Berhak Untuk Tidak Hamil

Entah sudah berapa banyak gunjingan beredar berkaitan dengan kehamilan Neny, karyawan sebuah bank pelat merah. Ini merupakan kehamilan keempat dalam kurun perkawinan yang tergolong masih muda, enam tahun!

Neny bukanya tidak menyadari soal gunjingan itu. Namun, ia tak kuasa melawan suaminya yang ngotot tidak mau menggunakan kontrasepsi. “Anak ‘kan titipan Tuhan!” begitu suaminya selalu berkilah. Kalau sudah begitu Neny diam saja. Tidak ada gunanya mendebat suaminya.

Persoalanya bukan soal jumlah anak, tapi waktu dan tenaga yang dipunyai Neny sudah tidak cukup untuk mengurus anak-anaknya. Apalagi ia hanya dibantu oleh seorang pembantu. Padahal ia masih harus menyimpan tenaga buat bekerja.

DITERUSKAN ATAU DIGUGURKAN

Apa yang dialami Neny sungguh tragis kalau mengingat Indonesia sebenarnya sudah menandatangani Rencana Aksi mengenai kesehatan reproduksi yang diperkenalkan secara luas pada konferensi Internasional Kependudukan dan Pembangunan (ICPD) di Kairo tahun 1994. Ada 179 negara lain yang menandatangani Rencana Aksi tersebut.

Memang ketika rencana aksi itu dibahas kembali tahun 2000 dan 2005, perkembangan di Indonesia masih sebatas program. Padahal kesehatan reproduksi beserta hak-hak reproduksi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainya harus menjadi bagian intergral dari pelayanan kesehatan. Ini berarti pada setiap kesempatan seorang perempuan atau laki-laki yang datang ke suatu pelayanan kesehatan harus diberikan informasi tentang kesehatan reproduksi dengan benar dan akurat.

Kesehatan reproduksi tidak melulu berkaitan dengan penyakit atau kelemahan dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi serta prosesnya. Namun lebih luas lagi mencakup keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan social yang utuh. Ruang lingkup kesehatan reproduksi mencakup kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, aborsi yang aman, kekerasan terhadap perempuan, pencegahan dan penanggulangan ifertilitas, serta partisipasi laki-laki dalam pemenuhan hak-hak reproduksinya.

Sedangkan yang dimaksud hak reproduksi meliputi hak perempuan untuk membuat keputusan sendiri tanpa adanya paksaan dan kekerasan; hak menentukan secara bebas dan bertanggung jawab jumlah anak dan kapan ingin memiliki anak, hak mendapatkan pelayanan KesPro (Kesehatan Reproduksi, seperti kontrasepsi darurat, kondom untuk laki-laki maupun perempuan) dengan standar tertinggi dalam kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual; hak untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi yang benar dan akurat tentang KesPro termasuk semua alat-alat kontrasepsi beserta efek sampingnya serta cara-cara pencegahan tertular HIV dan AIDS; hak untuk dapatkan manfaat  teknologi yang paling mutakhir, khususnya dalam bidang KesPro; serta hak untuk tidak tertular penyakit menular saat menerima pemasangan suatu alat kontrasepsi (implan/ susuk, IUD, atau suntikan KB).

Hak-hak reproduksi harus diterapkan melalui kebijakan pemerintah karena menyangkut kehidupan dan kematian perempuan. Untuk diketahui saja, 10-15% dari kehamilan tidak semuanya diinginkan, sehingga dalam kondisi seperti ini seorang perempuan harus diberikan pilihan atau solusinya.

UNSUR UTAMANYA INFORMASI

Sejauh ini, masalah kesehatan reproduksi lebih banyak didekati dari aspek klinis. Maka, ahli-ahli kedokteran pun percaya dipercaya untuk mempelajari dan memcahkanya. Padahal, inti persoalan sesungguhnya terletak pada konteks sosial yang kompleks, karena kesehatan reproduksi dipengaruhi dan mempengaruhi sistem politik, sosial, dan ekonomi. Bahkan berhubungan erat dengan persoalan gender, nilai etika, agama dan kebudayaan.

Berbicara tentang kesehatan reproduksi adalah berbicara tentang hubungan relasi laki-laki dan perempuan atau suami dan istri. Misalnya, penggunaan kondom merupakan isu gender. Banyak suami yang ogah menggunakan kondom karena dalam berhubungan seksual merasa tidak alamiah. Sedangkan istri tetap harus menerima kehamilan yang kesekian kalinya akibat suami melarangnya menggunakan alat kontrasepsi.

Semoga saja kasus Neny lainya tidak bertambah banyak.

Konflik Indonesia-Malaysia

Konflik Indonesia-Malaysia dalam realitasnya bukan hal baru, secara historis konflik antara kedua negara pernah terjadi pada periode 1963-1966.

  1. Indonesia-Malaysia terlibat konflik pada masa  tersebut  karena  dipicu  oleh  perbedaan  perspektif  keduanya  terkait  rencana  integrasi sebagian wilayah Kalimantan Utara (Sabah, Sarawak dan Brunei) kedalam Federasi Malaysia. Indonesia memandang rencana integrasi tiga wilayah Kalimantan Utara tersebut sebagai proyek neo kolonialisme sementara Malaysia memandang rencana integrasi tiga wilayah Kalimantan Utara sebagai proyek dekolonialisme. Perbedaan perspektif inilah yang kemudian mendorong Indonesia melancarkan kebijakan konfrontasi terhadap Malaysia.  Hal ini pernah berlangsung  semenjak  Menteri  Luar  Negeri  Indonesia,  Subandrio  mengumumkan  politik konfrontasi Indonesia terhadap Malaysia pada 20 Januari 1963.
  2. Dalam perkembangannya, Indonesia-Malaysia sepakat untuk meredakan konflik melalui cara- cara diplomatis. Para perwakilan calon negara anggota Malaysia dan pemerintah Indonesia serta dengan mediasi pemerintah Filipina sepakat untuk berunding di Manila, 31 Juli 1963.
  3. Dari perundingan tersebut, dicapai kesepakatan bahwa tiga wilayah Kalimantan Utara baru bisa diputuskan akan masuk menjadi Federasi Malaysia setelah diadakan referendum apakah penduduk dari ketiga wilayah ingin bergabung dengan Malaysia atau tidak. Kesepakatan ini kemudian  mengikutsertakan  survei  Perserikatan  Bangsa-Bangsa  (PBB)  untuk  menentukan pilihan penduduk di Kalimantan Utara.
  4. Namun demikian, sebelum persetujuan di atas terealisir, kesepakatan   tersebut   terlebih   dahulu   dilanggar   oleh   Malaysia   yang   secara   sepihak mengumumkan tanggal berdirinya Federasi Malaysia pada 16 September 1963. Kenyataan  ini  mendahului  temuan  tim  survei  PBB  terkait  dengan  pilihan  penduduk Kalimantan Utara.
  5. Mengetahui keputusan sepihak Malaysia tersebut, Indonesia di bawah Presiden Soekarno mengklaim Malaysia telah melanggar Manila Agreement. Lebih lanjut, dalam pidatonya tanggal  23  September 1963  Sukarno secara resmi  dan  terbuka mendeklarasikan  konfrontasi militer “Ganyang Malaysia”.
  6. Perseteruan Indonesia-Malaysia baru berakhir setelah rezim Sukarno goyah akibat gejolak politik domestik tahun 1965. Konfrontasi pun secara resmi berakhir ketika masing-masing representasi dari kedua belah pihak meratifikasi perjanjian perdamaian pada 12 Agustus 1966.
  7. Terlepas dari preseden konflik terbuka antara Indonesia-Malaysia sudah berlalu, namun bibit konflik antara keduanya masih membekas sampai sekarang. Adanya sengketa Sipadan-Ligitan, sengketa   Ambalat   dan   sengketa   batas   maritim   adalah   bibit   konflik   baru   yang   sering menyebabkan terjadinya friksi antara Indonesia-Malaysia. Menarik untuk ditelusuri bersama, pasca konflik terbuka yang berakhir Agustus 1966, dalam konteks sekarang konflik antara Indonesia-Malaysia tidak hanya mencuat sekali dua kali. Keduanya sering terlibat konflik. Tahun 1979-2002, Indonesia-Malaysia terlibat sengketa perebutan dua pulau potensial (Sipadan Ligitan) yang berujung pada kesuksesan Malaysia mengakuisisi dua pulau tersebut. Februari 2005, Indonesia-Malaysia terlibat sengketa Ambalat. Pada periode tersebut kedua negara saling bersitegang terkait konsesi ekplorasi minyak yang diberikan masing-masing negara kepada korporasi Asing. Manuver militer antara kedua negara sempat pecah namun tidak sampai menggiring pada perang terbuka. Juni 2009, isu Ambalat cukup menyita perhatian bangsa Indonesia, ketika itu ketegangan di Blok Ambalat terulang kembali setelah sebelumnya ketegangan di perairan Ambalat sempat pecah pada tahun 2005. Pemicunya, Malaysia berkali-kali memasuki wilayah perairan Ambalat. Pelanggaran teritori Indonesia di perairan Ambalat oleh kapal-kapal perang Tentara Laut Diraja Malaysia  (TLDM)  pada  kurun  periode  2009  kerap  terjadi,  bahkan  ada  sejumlah  nelayan Indonesia  ditangkap  di  tempat  dan  dirampas  paksa  hasil  tangkapannya  karena  dianggap melanggar wilayah Malaysia di Ambalat.
  8. Agustus 2010, Polisi Diraja Malaysia menangkap tiga petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau di perairan Tanjung Berakit, Bintan, saat mengamankan nelayan liar Malaysia yang ketahuan menangkap ikan di perairan Indonesia.
  9. Aksi  tidak  kooperatif  Malaysia  dalam perkembangannya sedikit banyak menggelorakan nasionalisme bangsa Indonesia, tidak sedikit di antara mereka yang kemudian menuntut pemerintah Indonesia mengambil sikap dan langkah tegas (konfrontasi).
  10. Tuntutan masyarakat tersebut dalam prakteknya ditanggapi dingin oleh  pemerintah Indonesia. Keputusan pemerintah dalam menyikapi setiap ulah provokatif Malaysia adalah pemerintah lebih memilih cara diplomatis sebagai jalan penyelesaian konflik.
  11. Terlepas dari kebijakan luar negeri Indonesia yang cendrung menempuh cara-cara diplomatis setiapkali terlibat konflik dengan Malaysia, dalam analisa penulis faktor krusial Indonesia tidak berani tegas  terhadap  Malaysia  adalah  adanya  pertimbangan  aliansi  pertahanan  Five  Power Defence Arrangements (FPDA) yang semakin eksis.
  12. Bendera Terbalik pada Sea Games 2017. Meskipun Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairy Jamaluddin usai bertemu Menteri Imam di Hotel Shangrilla, Kuala Lumpur, Ahad 20 Agustus 2017, telah menyampaikan permintaan maaf atas kesilapan tersebut tapi kecaman terus berlangsung. Bahkan Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo segera mengirimkan surat ‘protes’ kepada Kemendagri Malaysia dan Dubes Malaysia untuk Indonesia.
  13. FPDA merupakan sebuah aliansi pertahanan yang beranggotakan Inggris, Australia, Selandia Baru, Singapura dan Malaysia itu sendiri.
  14. Argumen penulis ini senada dengan analisa pengamat militer Universitas Indonesia, Andi Widjajanto, mengenai kemungkinan terjadinya perang terbuka antara Indonesia dan Malaysia. Menurutnya, jika Indonesia mengumumkan perang terbuka dengan negara Malaysia, Indonesia harus mempertimbangkan keberadaan aliansi Malaysia bersama FPDA.
  15. Dari paparan di atas, maka penulis mencoba untuk mengeksplanasikan grand design karya ini: Bagaimana Implikasi.
  16. Five Power Defence Arrangements (FPDA) dalam Dinamika Konflik Indonesia-Malaysia?

Selayang Pandang konflik bilateral Indonesia-Malaysia 

Implikasi FPDA dalam dinamika konflik bilateral Indonesia-Malaysia adalah FPDA berimplikasi sebagai pengimbang (balancing) atas Indonesia. Hal ini terjadi pada periode awal pembentukan  FPDA, upaya perimbangan Malaysia bersama FPDA dipengaruhi oleh faktor- faktor seperti kekuatan agregat, kedekatan jarak geografis, kapabilitas ofensif dan kecendrungan ofensif negara pengancam.

Dalam implementasinya, selain berimplikasi sebagai pengimbang FPDA juga berimplikasi sebagai  strategi  deterrence  Malaysia dalam  rangka  mendeter  (menggertak)  Indonesia  ketika keduanya terlibat  konflik.  Tujuannya  agar  Indonesia  tidak  mengambil  kebijakan  yang tidak dikehendaki Malaysia (konfrontasi militer) sebagaimana yang pernah dilancarkan presiden Sukarno  pada  periode  1963-1966.  Hal  ini  terjadi  pada  periode konflik  Indonesia-Malaysia periode 1979-2002, 2005, 2009-2010.

Apa sih MPASI itu?

Apa sih MPASI itu? MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping  ASI. Pendamping ASI, jadi ASI  tetap  diberikan kepada bayi ya…

Hal pertama yang harus kita ingat adalah usia bayi, tepat di usia bayi yang 6 bulan, tepat saat   itulah   ibu   mulai   memberikan  bayi makanan. Ingat, satu jenis makanan saja, misalnya  Ibu  ingin  memberikan bubur  beras putih, cukup dengan satu jenis makanan saja yaitu bubur beras putih dan penyajiannya dengan menyiram sedikit ASI di bubur yang telah matang dan siap disajikan.

Mulailah memberi makan bayi dengan perlahan, tidak tergesa-gesa dan tidak memaksa.

Sebelum   mulai  makan,   usahakanlah  agar suasana bayi sedang tenang dan tidak kenyang. Hal ini diciptakan agar bayi merasa menikmati makanannya karena makan adalah hal penting bagi setiap manusia. Makan untuk hidup, jadi hal ini perlu dinikmati dan berkaitan dengan fungsi tubuh lainnya. Kalau tubuh sehat pasti pikiran pun akan ikut sehat.

Semua bermula dari makanan, banyak sekali penyakit  yang  disebabkan  oleh  pola  makan yang tidak baik. Sementara bila sejak dini kita telah mengetahui bagaimana cara makan yang baik, sebisa mungkin kita akan dapat terhindar dari berbagai penyakit.

 

MpASI seperti apa sih yang baik untuk diterapkan? Tentu saja MpASI yang rumahan dimana semua bahan yang digunakan berasal dari  bahan alami  dan sehat.  Indonesia kaya sekali akan banyak ragam sayur dan buah dan juga protein, lemak dapat dengan mudah sekali kita  dapatkan  di  pasar  ataupun  di  tukang sayur.

Nutrisi apa saja sih yang harus diberikan kepada bayi untuk MPASI? Kalau bicara mengenai nutrisi tentunya kita akan berpedoman pada panduan gizi.

Dahulu kita menggunakan pedoman gizi ‘ 4 sehat   5   sempurna’  sementara  saat  ini pedoman itu tidak dapat dipakai lagi, anjuran WHO  saat  ini  adalah  dengan  menggunakan panduan umum gizi seimbang yaitu dengan menggunakan piramida makanan.

Apa sih piramida makanan itu ?

Menu makanan bayi sebaiknya dibuat berdasarkan piramida makanan bayi. Piramida makanan bayi berbentuk segitiga yang menggambarkan konsep makanan sehat dengan gizi seimbang. Seperti bentuk piramida, di bagian paling bawah merupakan porsi terbesar yang bisa dimakan bayi. Sedangkan bagian atas adalah makanan yang dibutuhkan bayi namun dalam porsi sedikit saja. Dengan menyusun menu makanan bayi sesuai piramida maka nutrisi untuk bayi dapat dengan mudah terpenuhi.

Di bagian paling bawah piramida makanan bayi adalah kelompok beras dan gandum. Dalam hal ini, orangtua bisa memberikan bubur nasi, sereal yang dimasak maupun roti. Supaya anak tidak bosan dengan makanan yang mengandung karbohidrat ini maka variasikan jenis makanan. Bisa  juga  dibuat  pasta,  beras  merah,  mie ataupun havermut. Orangtua perlu meningkatkan tekstur makanan kelompok gandum ini secara bertahap.

Di atas kelompok gandum terdapat kelompok nabati atau sayuran. Sayuran terbukti kaya nutrisi   untuk   bayi,  pilihlah   sayur   yang berwarna hijau gelap. Sayuran seperti brokoli, bayam, wortel sangat baik untuk bayi. Sayuran biasanya diolah dengan dikukus dan dipotong kecil-kecil.

Piramida  makanan  bayi  yang  ketiga  adalah jenis buah. Buah kaya akan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan  nutrisi  untuk  bayi.  Buah  pisang, apel, pir, tomat sangat baik untuk bayi.

Dalam menyajikan buah sebaiknya satu macam dulu. Buah dalam bentuk jus bisa diberikan kepada bayi tapi tetap lebih bagus potongan buah  segar.  Hindari  buah  kering  atau  buah yang ada dalam kaleng karena biasanya mengandung bahan pengawet.

Berikutnya adalah kelompok susu. Susu sapi segar atau susu bubuk full cream sebaiknya diberikan  setelah  anak  berusia  1  tahun  ke atas. Kelompok susu lainnya adalah keju dan yoghurt yang bisa diberikan pada bayi mulai usia 9 bulan.

Menu makanan bayi selanjutnya adalah jenis daging. Daging diperlukan oleh bayi karena mengandung  banyak   protein.  Untuk   bayi berikan daging yang dipotong kecil dan teksturnya empuk. Daging itu bisa daging sapi, ayam  atau  kelompok  unggas  dan  ikan. Sebaiknya hindari pemberian daging yang dimasak dengan santan.

Piramida makanan bayi paling atas adalah jenis lemak, minyak dan gula. Bayi memang membutuhkan jenis makanan ini namun dalam porsi  yang  sedikit.  Kelebihan  lemak,  minyak dan gula bisa menghambat pertumbuhan bayi dan bahkan menyebabkan obesitas. Sebaiknya bayi diberikan lemak tak jenuh karena lebih